Sunday, July 3, 2016

2015-11-11 Menyelam Bebas di Amed... Japanese Shipwreck

Tanggal 11 November 2015, 14 orang berangkat dari Jakarta, satu orang berangkat dari Surabaya, bertemu di Bandara di Denpasar, Bali. Perjalanan kali ini bersama teman-teman pecinta olahraga selam bebas Satu Nafas Freedive yang biasa berlatih di Kolam Renang GBK Senayan, Jakarta. Pada trip kali ini, kita akan mengunjungi Amed dan Tulamben.

Sesampai di Bandara Denpasar, dengan menumpang tiga buah mobil kita menuju tempat saudara seorang teman peserta. Keesokan harinya, tanggal 12 November 2015, mobil Isuzu Elf yang kita sewa, datang menjemput kita dan membawa kita ke Paradise Palm Beach Resort di Tulamben.




Kita menginap di Paradise Palm Beach Resort di Tulamben. — at Paradise, Tulamben

Setelah berganti baju dan meletakkan barang bawaan di Paradise, kita menumpang mobil Isuzu Elf ke pantai di Amed, dimana terdapat reruntuhan kapal Jepang. Posisi reruntuhan ada di laut di depan jajaran kapal di belakang saya.















Sisa-sisa reruntuhan Japanese Ship Wreck...













 Pada bagian ini banyak sekali terdapat ikan yang berlindung di dalamnya, sebab relatif tenang dan tidak terkena arus.










 Reruntuhan kapal... Di bagian yang agak dangkal, air masih terasa agak hangat, sekitar 4 meter di bawah permukaan air, di sekeliling kapal tersebut, terasa arus air yang dingin.


Karena sudah sangat lama terendam, kondisi kapal sudah tidak utuh dan bahkan hampir habis.


Bebatuan di sekitar reruntuhan kapal... Di bagian dangkat terdapat batu seperti ini dan nampak beberapa macam ikan diantaranya batfish, di bagian yang lebih dalam mulai terdapat koral, sedangkan yang lebih dalam lagi berpasir.







Reruntuhan kapal.


Video YouTube di Japanese Shipwreck.

Walaupun reruntuhan kapal Jepang sudah tinggal sedikit, namun masih cukup menarik untuk dikunjungi. Terlebih menurut saya adalah air lautnya yang sangat jernih, koral yang menarik, dan berbagai macam ikan di sekitarnya. Jikalau teman-teman cukup waktu, cobalah mengamati ikan-ikan yang bersembunyi di bagian lunas kapal.

Salam....
Main Air Yuuk...

Gunadi TK

No comments:

Post a Comment