Saturday, July 9, 2016

2015-06-06 Mengikuti Open Trip ke Pulau Harapan dan Sekitarnya

Ada beberapa acara yang sedianya akan diikuti, namun satu persatu tidak jadi dilaksanakan pada tanggal 6 Juni oleh penyelenggaranya, dan info pembatalannya baru diterima pada tanggal 5. Memang setiap bulan, saya menjadwalkan sekali untuk pergi ke pulau-pulau yang dekat saja. Akhirnya mencoba mencari open trip yang masih bisa diikuti pada sore hari tanggal 5 tersebut. Beberapa open trip rata-rata sudah penuh. Akhirnya tersambung dengan Chevis Lie, salah satu penyelenggara open trip. Dari Chevis Lie, saya diarahkan ke Mas Dida Adjie. Pas sekali Mas Adjie punya open trip yang masih bisa disisipin satu peserta.

Packing dadakanpun dilakukan malam itu. Tanggal 6 Juni 2015 pagi, berangkat ke Pelabuhan Muara Angke. Peserta open trip hanya 11 orang di luar crew travel dan lainnya, dan ini merupakan trip dengan jumlah peserta paling sedikit yang selama ini saya ikuti.




Di dalam kapal Miles 2 posisi dek tengah, suasana kapal yang penuh namun tidak sepadat pada hari-hari long weekend. Dek tengah paling ideal, tidak kepanasan matahari, dan saat berhenti masih ada angin masuk, sehingga tidak pengap. — at Pelabuhan Muara Angke.











Setibanya di pulau, kami menuju home stay Goby untuk makan siang dan bersiap snorkeling. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.





Di home stay Goby, menghadap ke laut dan dermaga Pulau Harapan. Bersiap untuk snorkelingan di Pulau Kayu Angin, Pulau Kayu Angin Putri, dan Pulau Dolphin. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.




Menuju kapal kecil untuk ke Pulau Kayu Angin, berfoto dulu di depan gapura Taman Terpadu di Pulau Harapan. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.












Gambar pulau di sekeliling Pulau Harapan. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.



Long fin murah meriah, cukuplah untuk pemula. Spot snorkeling di Pulau Kayu Angin keruh karena partikel yang naik karena arus laut. Permukaan lautpun agak kotor dengan potongan rumput laut. Mencoba CWT sekitar 6 meter. Setelah itu menuju Pulau Kayu Angin Putri. — at Pulau Kayu Angin Bira.



Spot terakhir untuk hari pertama adalah Pulau Dolphin. Pulau ini kecil dan tidak berpenghuni, namun ada sekitar 4 pedagang minuman dan gorengan yang membuat pulau ini ramai dikunjungi. Pengunjung bisa berenang, bermain pasir, wahana pantai banana boat dan donut, serta jajanan tadi. Di pulau ini tak sengaja bertemu teman-teman yang menginap dengan tenda, diantaranya Derry Da Banxaters, Chafiz Paugust, tidak nampak dalam gambar Ronald Pasolang dan Gede. — at Pulau Dolphin, Kepulauan Seribu, Indonesia.




Setelah ngobrol malam dengan bang Dida Adjie Nugraha dari travel, bang Anto koordinator lapangan-penduduk pulau Harapan- sekaligus nahkoda kapal hopping island dan putra pemilik kapal hopping island, serta bang Surya anak buah kapal Miles 2, lalu kitapun beristirahat untuk memulihkan stamina. Hari kedua dimulai dengan langit yang mendung dan hujan. Suasana pantai di depan homestay yang muram namun tidak berlangsung lama. Olah raga ringan di tanggul pulau untuk pelemasan sendi dan otot. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.










Bersiap untuk pergi di hari kedua. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.




Peserta open trip lengkap sebanyak 11 orang. Tidak nampak dalam gambar Bang Adjie, bang Anto, bang Asep pemilik persewaan alat snorkeling, dan ayah bang Anto pemilik kapal wisata kecil antar pulau. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.



Naik ke kapal untuk perjalanan hari kedua. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.



At Pulau Harapan Kepulauan Seribu.



Bersama teman-teman baru seperjalanan. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.










Bersama dengan bang Adjie, nahkoda kapal bang Anto, dan teman peserta lainnya. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.



Sampailah di Pulau Bira Besar. — at Bira Besar Island.




Bergeser sedikit dari dermaga, terdapat lokasi penyelaman yang cukup menarik. Koral yang cukup bagus, namun karena arus timur dan arus barat bertemu, membuat air menjadi tidak jernih, ikan juga tidak banyak terlihat. — at Bira Besar Island.



Kembali ke Jakarta lagi dengan Kapal Miles 2. Dek atas penuh, dek tengah penuh, dan akhirnya dek bawah yang ditempati dengan udara yang cukup panas sebelum kapal bergerak. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.



Dari jendela kapal Miles 2, di dek paling bawah, melongok ke luar untuk menikmati udara segar dan melihat Baywalk Mal Pluit dari kejauhan.Jakarta here we come back again. — at Pulau Harapan Kepulauan Seribu.

Video Trip Pulau Harapan


Main Air Yuuk...

GunadiTK



No comments:

Post a Comment