Wednesday, July 13, 2016

2015-11-29 Berkunjung Lagi ke Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut di Kepulauan Seribu

Kolam renang Senayan sedang keruh, kolam lain kabarnya juga sama, apa daya... Ada baiknya menjelajah pulau yang dekat saja, yang bisa berangkat dan pulang hari yang sama, Motoran saja ke Tanjung Pasir menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Ada satu teman yang katanya mau ikut serta motoran, ditunggu-tunggu tak kunjung tiba. Screenshot Google Map pun sudah dilayangkan, tertap saja tidak tahu kabarnya. Ah sudahlah... lanjut saja. Motor bebek Honda saya tetap melaju santai namun pasti. Sambil sesekali mencek lokasi di peta.

Saat terakhir ke sana, saya menggunakan mobil lewat jalan tol dan itupun nyasar karena salah mengambil pintu keluar tolnya. Ada pintu baru yang saya kira harus keluar di situ. Dulu pintu tol itu tidak ada. Kali ini saya melihat peta dan mencari jalur lain, lewat Jalan Jurumudi.





Posisi meter awal dan akhir - pulang-pergi -.... dan papan petunjuk yang dilewati. — in Jakarta, Indonesia.



Menyeberang dengan kapal dari Tanjung Pasir, dengan waktu tempuh hanya 30 menit, ongkosnya Rp 50 000 dibayarkan saat berangkat dan akan naik kapal. Pada saat pulang, kita boleh menaiki kapal apa saja yang akan pulang dan tidak perlu membayar lagi. Kapal yang kita naiki untuk pulang bisa saja berbeda. Rupanya begitu aturan di sana ... — at Pantai Wisata Tanjung Pasir,Tangerang,Indonesia.








Peta — at Untung Jawa , Pulau seribu.



Jembatan mangrove sudah sampai di sini... belum nyambung memutari pulau. — at Untung Jawa , Pulau seribu.


The end of the road... — at Untung Jawa , Pulau seribu.



Framed...









Papan nama salah satu homestay... — at Untung Jawa , Pulau seribu.


Homestay yang ditemui saat menjelajah melewati hutan mangrove... cukup menarik, namun entah mengapa terlihat seperti tidak ada yang menyewa...— at Untung Jawa , Pulau seribu.


Warga mencari kerang di pantai... — at Untung Jawa , Pulau seribu.


Ibu dan anak sedang memilah rumput laut yang baru saja diambil oleh sang bapak... Salah satu hasil olahannya adalah dodol rumput laut... — at Untung Jawa , Pulau seribu.









Sisi pantai yang dangkal... dengan pemecah gelombang... dan area pantai berpasir yang lebih luas... Waktu kunjungan pertama tidak sampai kemari. Alhasil kunjungan kali ini berhasil mengitari pulau .. — at Untung Jawa , Pulau seribu.



Di sekitar demarga utama, banyak didapati tenda yang menawarkan tumpangan banana boat, donat, dan juga wisata snorkeling ke Pulau Rambut yang letaknya dekat sekali dengan Pulau Untung Jawa. Dengan dua orang penumpang lain, satu orang kapten kapal dan seorang guide snorkeling, kita menuju pulau tersebut. Pulau Rambut yang sedang keruh dan banyak sampah... — at Pulau Rambut.


Lokasi snorkeling di spot depan Pulau Rambut... karang rusak, ikan sedikit, hanya bulu babi dan teripang yang bisa ditemui... — at Pulau Rambut.



Bulu babi ... sea urchin...Enggak terfikir kenapa dinamakan bulu babi... enggak ada mirip-miripnya sama babi....kkk — at Pulau Rambut.










Bagian depan Pulau Rambut saat itu keruh dan banyak sampah. Entah kalau di bagian belakang (bagian utara) dari pulau ini.

Di Pulau Rambut sebenarnya merupakan tempat suaka margasatwa burung. Jikalau teman-teman pengamat dunia burung, mungkin akan menarik jika masuk ke dalam pulau untuk melihat-lihat.



Sekedar bermain air...

Main Air Yuuk....

Gunadi TK



No comments:

Post a Comment