Thursday, July 7, 2016

2015-02-01 Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu ... Pulau yang Cukup Dekat


Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau diantara 200an pulau di Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu berada di bawah naungan Propinsi DKI Jaya. Uniknya pulau ini lebih dekat dengan Pelabuhan Tanjung Pasir yang berada di wilayah Tangerang yang masuk ke dalam Propinsi Banten. Dari Pelabuhan Tanjung Pasir, cukup dijangkau dalam waktu 20-30 menit saat cuaca cerah, dan sekitar 30-45 menit bila cuaca tidak mendukung, seperti saat ini. Banyak sekali kapal rakyat yang melayani setiap saat tanpa yang rutin berangkat tanpa jadwal.

Pagi itu saya berangkat dari rumah sendiri, anak-anak tidak ada yang mau ikut. Lalu saya mengajak dua keponakan, Erik dan Nikolas, untuk menemani. Pagi itu hujan sangat deras. Kita berangkat agak siang. Lalu mencoba mencari jalan ke arah Tanjung Pasir, ini kali pertama saya menuju ke arah Tanjung Pasir tanpa guide yang sudah pernah ke sana. Kedua keponakan saya juga tidak hafal jalan ke sana. Seingat saya masuk tol bandara dan keluar menuju arah utara. Rupanya saya keluar lebih cepat dan berjalan berputar bolak-balik ke arah Menceng. Sampai menembus jalan yang cukup kecil dan membingungkan. Dengan dipandu Google Map dan bertanya ke penduduk yang dilalui, akhirnya sampailah di Pelabuhan Tanjung Pasir siang itu. Mungkin sekitar pukul 1 siang. Lama sudah berkendara berputar-putar. Cuaca mendung dan berangin kencang.





Pelabuhan Tanjung Pasir, cuaca kurang bagus. Kapal yang dipakai untuk menyeberang. Hujan deras dari pagi hari sampai siang hari, juga hari-hari sebelumnya, sedikit pengunjung yang datang, banyak kapal yang menganggur.
Sampai di sini agak siang karena agak ragu dengan cuaca dan sempat salah jalan. — at Pantai Wisata Tanjung Pasir,Tangerang,Indonesia.









Setelah melewati ombak sekitar 1 meter dan 40 menit perjalanan, sampailah di Dermaga Timur Pulau Untung Jawa. Ada juga Dermaga Utama di sisi lainnya. — at Untung jawa island..kep seribu.




Aku gendut lagi... hehe... — at Untung Jawa , Pulau seribu.




Dermaga Timur Pulau Untung Jawa. — at Untung Jawa , Pulau seribu.




Menyusuri beton pelindung ombak. Ada wahana air seperti banana boat, donut, hantu laut (istilah mereka untuk balon layangan yang ditarik speed boat) namun karena waktu pendek, saya lebih memilih jalan-jalan explore pantai saja. Di sebelah belakang tampak Pulau Rambut, merupakan pulau yang sering dipakai untuk spot snorkeling. Ah kapan-kapan pingin ke sana. — at Untung Jawa , Pulau seribu.










Jalan-jalan menyusuri hutan bakau. Jembatan seperti ini akan dibangun melingkari pulau. Cukup menyegarkan. Hanya sayang masalah utama adalah sampah dan kurangnya perawatan. — at Untung Jawa , Pulau seribu.




Masih vegan, cuman krupuknya tulisannya krupuk ikan... hahaha... Gado-gado versi pulau. Habis dua piring ... Kira-kira kenapa ya ? 1. Cuaca dingin. 2. Gado-gadonya enak 3. Porsi kecil. 4. Orangnya besar. 5. Kelaparan. 6. Rakus 7. 1-6 benar semua.— at Untung Jawa , Pulau seribu.



Setelah berkeliling pulau dan makan, maka kita menaiki kapal untuk kembali ke Tanjung Pasir. Ombak cukup tinggi, beberapa wargapun tidak tahan dengan kondisi ini dan muntah.

Perjalanan dari Tanjung Pasir ke rumah saudara untuk mengantarkan keponakan cukup lama. Jalanan yang kurang mulus, penerangan kurang, dan banyak sepeda motor yang berjalan lambat menjadi penyebabnya.

Syukurlah semua kembali dengan selamat dan menikmati perjalanan ini.



Main Air Yuuk...

Gunadi TK


No comments:

Post a Comment