Saturday, July 9, 2016

2015-04-25 Berlatih Freedive di Pulau Pramuka Bersama SNF Plus

Hari Sabtu pagi berangkat bersama dari Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, di sebelah utara Jakarta. Rombongan mayoritas dari Jabodetabek, ditambah dua kakak beradik dari Bandung. Cuaca cerah, homestay relatif nyaman, spot diving yang belum sesuai harapan. Terima kasih buat teman-teman semua, khususnya Kang Rakay dan Neng Mutiara yang mau sabar mengajari orang tua menyelam sampai 12 meter FIM dan 11 meter CWT.





Letak Pulau Pramuka di antara pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.





Berangkat dari Pelabuhan Muara Angke, hari Sabtu pagi sekitar 7.15, menaiki kapal Dolphin. Suasana di deck kapal. Di atas masih ada atap yang bisa dipakai untuk berjemur matahari. Di bawah juga ada satu deck lagi. (Foto: GoProTeman) — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Kapal Dolphin berhenti dahulu di Pulau Pari. Bertemu dengan bang Bilhasry Ramadhony di Kapal Radja dengan tujuan pulau lain dan rombongan lain.— at Pulau Pari (Kepulauan Seribu).











Bang Bilhasry Romadhony anggota Satu Nafas Freedive Jakarta, di kapal Radja. — at Pulau Pari (Kepulauan Seribu).

Gerbang Kabupaten Kepulauan Seribu. (Foto: SJCamTeman) — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Bersama bang Galih dan mister Roney Joe Adrian Panorama aka Joe Adrian Bertez. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.


Some long fins, mine is not a long one. Upgrade is needed.... lol. (Foto: GoProTeman) — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.











Ketemu spot yang cukup lumayan untuk menurunkan tali. Buoy diikat ke salah satu perahu. Tali diulurukan sepanjang 12 meter ke bawah, terima kasih untuk duo Bandung atas buoynya. — atPulau pramuka(kepulauan seribu.



Depth training — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Satu persatu mencoba menelusuri tali ke bawah ... beberapa berhasil 12 meter, beberapa teman masih perlu berlatih lagi untuk sampai ke kedalaman tersebut. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Laut agak berombak, tali diulur 12 meter. FIM 12 meter, CWT 11 meter. Selepas menyelam ... bersama dua kakak beradik urang Bandung, kang Rakay Dananjaya dan adiknya, neng Mutiara. Jago-jago loh mereka nyelemnya. Ditawarkan Variable dengan pemberat 7 kg (?) haha... belumlah... equalizingnya belum lancar. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.










Beginilah kalau bulu babi (sea urchin) sedang mengadakan arisan keluarga besar. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.


Sea urchins (bulu babi). — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.


Definitely no more spaces to land my butt.... lol — atPulau pramuka(kepulauan seribu.



Sea urchins (bulu babi). — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.

Oh... saya belum sempat menceritakan mengenai letak homestay kita yah... Hari kedua saya berjalan-jalan melihat pulau ... berkeliling ...


Setelah sampai di dermaga, berjalan ke arah kanan dan masuk gang ini, maka kita akan sampai ke homestay yang kita sewa, milik Ibu Wiwit. Di kanan kiri gang ini terdapat wisma Shafir yang juga disewakan. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.

Inilah home stay yang kita tempati, dua tingkat, dua pintu di bawah, dua pintu di atas, dan satu pintu lagi di rumah sebelahnya. Rombongan terdiri dari 35 peserta, seperti biasanya saya yang tertua ... hahaha... — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.











Ada sticker ini di jendela home stay. Entah apa hubungannya, mungkin itu trip operator yang juga pernah menyewa rumah ini untuk tamu-tamunya. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Di depan home stay. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.


Kang Rakay Dananjaya dan Neng Mutiara, kakak beradik dari Bandung. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Seekor kucing di depan home stay. Cat in the box, cat on the wall ? Any better terms ? — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Wisma / homestay lainnya... Bisa buat referensi. Ada wisma Shafir 1, 2, 3. (Foto: SJCamTeman) — atPulau pramuka(kepulauan seribu.



Tempat penginapan lainnya di Pulau Pramuka. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Tempat penginapan lainnya di Pulau Pramuka. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.










Jalan menuju homestay. (Foto: SJCamTeman) — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.


Salah satu tempat parkir kapal di Kepulauan Seribu, dibatasi tembok agar mengurangi pengaruh ombak. (Foto: SJCamTeman) — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.












Sapuan merah di awan. (Foto: SJCamTeman) — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.




Gerobak penjaja makanan khas kepulauan seribu, dodol rumput laut, manisan rumput laut, ikan asin kering, dan lainnya. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.




Dodol rumput laut ini yang saya coba. Sebungkus sepuluh ribu. Rasanya terlalu manis buat saya. — atPulau pramuka(kepulauan seribu.




Peta petunjuk jalan di salah satu tempat di Pulau Pramuka. Ada ibu-ibu penjual ketoprak di dekat sekolahan, harganya cuma 5000 rupiah sebungkus, namun kalau rasa tidak senikmat yang di Jakarta. Lumayanlah buat pengganjal perut. Ada juga ibu dari Pulau Panggang menjajakan kue bolu dengan toping keju ataupun cokelat, murah, hanya dua ribu rupiah sebuah untuk ukuran diameter sekitar 7 cm.— at Pulau pramuka(kepulauan seribu.



Ada diving club dan terlihat tank scuba. Bagi pecinta scuba diving bisa buat referensi juga. Ada juga dive shop di tempat lainnya, hanya saja saya tidak mengambil fotonya. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.














Sudut lain di Pulau Pramuka. (Foto: SJCamTeman)— at Pulau pramuka(kepulauan seribu.




Sebutir kelapa muda, 15 000 rupiah, relatif mahal di beberapa pulau hanya 5 000 rupiah atau 7 000 rupiah. Memang sepanjang jalan keliling pulau, jarang sekali saya dapatkan pohon kelapa, barangkali itu salah satu alasan kenapa harganya agak relatif lebih mahal dibandingkan di pulau lainnya. Bersantai menikmati suasana pulau dengan pemandangan indah, pantai, laut, Pulau Panggang di seberang. — at Pulau pramuka(kepulauan seribu.

Pagi hari di hari kedua, cuaca cerah, kita mengunjungi tempat penangkaran penyu di pulau ini (klik di sini).


Hari kedua ini sangat pendek, dan panitia rupanya salah paham dengan koordinator yang di pulau. Rencananya hari kedua akan bermain satu spot lagi, namun biaya kapal belum dihitung. Harus ada penambahan biaya lagi. Setelah dipertimbangkan antara biaya tambahan dan waktu yang tidak terlalu panjang, maka diputuskan bermain di spot di dekat tempat main banana boat. Kalau di gambar di atas, berarti di posisi kapal di sebelah kiri gambar kelapa muda tersebut.

Lumayan juga spotnya, hanya saja saat itu arus lumayan kuat, sehingga cukup sulit bagi pemula. Kang Rakay dan Neng Mutiara paling akhir berlatihnya, cukup seru dan semangat, senang melihatnya.

Selesai bermain air lalu bilas, pulang kembali ke dermaga Pulau Pramuka, lalu Muara Angke dan kita bersama menikmati seafood di Muara Angke ( klik di sini ).


Video teman seperjalanan... Darius Go Reinamah

Main Air Yuuk...

Gunadi TK




No comments:

Post a Comment