Tuesday, January 17, 2017

Kolam Renang Damai Indah Golf and Country Club, Serpong

Berenang merupakan olahraga yang paling saya sukai. Sejak jaman masih bujangan, saya bermain ke beberapa tempat yang memiliki kolam renang. Banyak yang kolamnya dangkal sampai sebatas dada saja, atau kecil sampai saya hanya bilang ini lebih cocok untuk kolam anak.

Salah satu kolam favorit saya adalah Kolam Renang Damai Indah Golf and Country Club di Serpong
Jikalau dari tempat tinggal saya di Jakarta Barat, saya masuk ke Tol Tomang-Tangerang. Dulu keluar di pintu tol yang ke arah Serpong. Melewati Jalan Raya Serpong, menuju ke arah BSD, dan di BSD Plaza (BSD XXI) - dulu ada bundaran - kita belok ke kanan. Setelah berbelok, mengambil jalan di sebelah kiri yang menurun, lalu sampai ke ujung kita harus berbelok ke kanan melewati bawah jembatan dan bertemu perempatan. Di perempatan ini kita mengambil arah belok kiri, jalan sedikit lalu belok ke kanan lagi dan sampailah di depan gerbang country clubnya. Peta lama (masih ada bundaran Air Mancur BSD nya... kkk. ) klik di sini.



Sekarang ini ada beberapa perubahan, Jadi dari pintu tol Puri Indah, saya mengambil arah ke Tangerang, bayar tol di Pintu Tol Karang Tengah, lalu keluar di Pintu Tol Alam Sutra (jalur ini menghindari kepadatan di depan Surya Toto, Tifico, dan arah Gading Serpong), kemudian masuk komplek dan keluar di Bundaran Alam Sutra. Lalu terus menuju BSD Junction (bundaran di BSD Plaza sudah dibongkar dan sudah tidak boleh belok ke kanan lagi) dan terus sampai BSD Junction putar balik sampai BSD Plaza dan belok ke kiri. Patokannya adalah setelah resto Mc Donald. Setelah belok ke kiri, ambil jalur yang kiri yang menurun (jika kita mengambil jalur yang lurus dan tidak menurun, jalur besar, maka kita akan sampai ke Aeon Mall), lalu setelah menurun sampai ke ujung kita harus berbelok ke kanan melewati bawah jembatan dan bertemu perempatan. Di perempatan ini kita mengambil arah belok kiri, jalan sedikit lalu belok ke kanan lagi dan sampailah di depan gerbang country clubnya.







Kolam ini dimiliki oleh Ciputra Group. Sesuai namanya, memasuki gerbang terdapat bundaran, sebelah kiri adalah pintu masuk ke Golf Clubnya, dan gedung sebelah kanan adalah pintu masuk ke Country Clubnya, kolam renang.

Gedung Country Club-nya. Kolam renang masuk melalui gedung ini.

Pintu masuk.

Tarip masuk saat ini, 15 Januari 2017 Hari Minggu, rp 48 000 untuk dewasa. Dulu saya berenang di sini dari mulai harga tiket berapa ya... hahaha... lupa.

Kolam renang utamanya berstandar olympic, dengan kedalaman di bagian terdalam bisa untuk menyelam, bukan sekedar berdiri sebatas dada saja. Kolamnya bersih.Bangunan fasilitas kolam renang memang bangunan lama.Tapi perawatan kolam sungguh luar biasa. Air kolam selalu jernih walau kadang agak sedikit kurang jernih dulu, tapi jarang sekali keruh. Dahulu menggunakan kaporit yang ditabur. Saat kemarin saya berenang, walau saat hujan, air super bersih, kaporit tablet yang saya lihat banyak terdapat di dasar kolam. Dan saat bilaspun rambut tidak terasa kaku seperti setelah berenang di kolam-kolam renang lainnya, antara lain kolam renang GOR Ragunan (memang harga masuknya tiga kali lipat... hahaha... ).

Kolam utama. Di kejauhan tampak bangunan pintu masuk tadi tempat membeli tiket masuk, kantin, toko keperluan alat renang, ATM dan kamar bilas di bawahnya. Sedangkan di sebelah kanan terlihat water slide.

Kolam utama. Banyak tempat kanopi untuk berteduh dan menaruh baju dan makanan.

Ada kantin dengan makanan favorit saya sate ayam plus lontongnya dan teh hangat manis. Selain itu terdapat berbagai menu yang tak kalah enaknya, tapi favorit saya di sini tetap dua hal di atas. Jangan membawa makanan dan minuman dari luar, dulu tidak diperiksa, sekarang diperiksa oleh bapak satpam secara ketat.








Kamar mandinya terletak di bawah kantin. Hal lain yang saya suka adalah bilas dengan shower air panas dan air dingin. Dengan memberikan karcis ke petugas jaga kamar bilas, kita mendapatkan pinjaman handuk (dulu lebar dan tebal, standard handuk hotel berbintang banyak, sekarang lebih kecil dan lebih tipis, tapi masih bagus). Handuknyapun dalam kondisi terlipat, bersih dan cukup harum. Selain itu kita dapat meminta kantong plastik untuk menaruh baju basah kita. Kamar bilas dan toilet cukup terang, bersih, dan sangat terawat. Oh iya... untuk barang berharga, tersedia locker, tanyakan saja pada petugas jaganya.

Selain kolam utama, terdapat dua kolam anak dengan prosotan (water slides). Anak saya sejak kecil lebih suka bermain di prosotan ini daripada berenang di kolam utamanya ... hahaha...

Hari ini saya bertemu dengan kang Diky, teman dari Backpacker Indonesia Chapter Tangerang. Juga bang Yudha Pranowo yang rajin berlatih menjaga kesehatannya atas anjuran dokternya. Bang Yudha membawa anaknya berenang di sini.

Sudah lama tidak main air, saya berlatih freedive mengambil jarak melebar. Dynamic no fin... terus-menerus dengan ventilasi setiap sampai di ujungnya. Lumayanlah, masih kuat dan nyaman sampai akhir.

Saat ini kolam renang GBK Senayan masih dalam tahap renovasi. Semoga setelah selesai renovasi, lebih asyik dari kolam ini yang buat saya lumayan jauh dan masalahnya adalah semakin padat lalu-lintasnya dibandingkan sejak saat pertama saya kemari. Terlebih lagi kolam GBK Senayan memiliki kedalaman 5 meter yang jarang dijumpai di kolam-kolam lainnya.

Jadi ... dimana teman-teman suka berenang... ? Bolehlah tulis di komentar di bawah ini... siapa tau saya ingin bermain air di kolam favoritmu...

Salam 
Main Air Yuuk
Gunadi

No comments:

Post a Comment