Sunday, October 2, 2016

2016-10-02 Halvor Belajar Berenang

Masih ingat tentang anggota keluarga kita yang berkaki empat ? Seekor Siberian Husky milik koko James sudah berumur satu tahun. Bagi pencinta anjing, atau yang terbiasa memelihara anjing, tentunya mahir dalam melatih anjing peliharaanya. Halvor adalah anjing pertama di keluarga kita, jadi harap maklum kalau kita belum punya pengalaman untuk melatihnya. Bagi keluarga dengan dana yang berlimpah, bilamana tidak mempunyai waktu maupun keahlian, mereka dapat membawanya ke sekolah anjing untuk melatih anjingnya... ya... hahaha.. betul, sekolah untuk anjing. Nah, budget kita sungguhlah ketat, jadi ya kita latih sebisanya. Kalau ada yang kurang berkenan, mohon maaf, dan mohon berikan saran atau pendapat di kolom komentar di bawah post ini.

Kembali ke sang bintang kita kali ini, Halvor. Halvor sudah dilatih untuk naik ke motor bebek milik kita satu-satunya. Saat berumur kurang dari setahun, belum mahir melompat, badannya masih lebih pendek, sehingga harus ada pijakan sekitar 30 cm dulu untuk bisa naik ke motor. Saat ini Halvor sudah bisa loncat dan memanjat motor untuk duduk di papan yang saya sediakan di depan tempat duduk saya.



Berdua kita sudah mulai bepergian mulai dari keliling komplek, lalu ke tempat saya kerja, dan sampai ke Ciledug ke tempat Uncle Sam, pemilih Star, si Husky cantik.Sudah lama saya ingin mengajaknya berenang, supaya Halvor terbiasa dengan air, terutama dengan air laut yang tenang namun sedikit berombak. Pertama kali ke Ancol, Halvor sudah dikenalkan dengan air, namun Beach Pool Ancol tidak memperbolehkan anjing bermain dan berenang di area renang. Alhasil tidak maksimal. Ini posting saat Halvor pertama kali ke Ancol (klik di sini).







Kali ini kita naik motor ke Pantai Tanjung Pasir di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten. Sepanjang jalan, Halvor menjadi pusat perhatian seperti biasanya, mengingat tentunya anjing adalah binatang yang jarang dibawa mengendarai motor, apalagi dalam keadaan tanpa kandang. Rute yang kita lalui adalah melewati Jalan Daan Mogot, lalu masuk ke Jalan Pembangunan I di kota Tangerang, melewati AirNav, Aeropolis, Kampung Melayu sampai ke Tanjung Pasir. Biasanya kita ditawarkan untuk ke lokasi parkir pertama di pantai, namun kali ini saya ingin masuk sampai ke ujung, yaitu Komplek Angkatan Laut. Ternyata di Komplek Angkatan Laut ini pantainya lebih teratur dan bisa untuk sekedar berenang.
Peta jalan Google .. dengan rute yang kita lalui. 33 km dalam satu kali jalan. Sebenarnya jika dengan mobil, bisa melewati jalan tol, disebutkan lebih cepat 13 menit.

Masuk ke area pantai, kita diwajibkan membayar retribusi sebesar 20 000 rupiah. Naik motor sampai ke dekat pasir pantai, banyak anak-anak kecil langsung mendatangi Halvor. Beberapa mengambil hape dan tabnya untuk memfoto si Halvor. Saya kebagian pemeran pembantu ... kkk. Numpang keren. Pertanyaan mereka selalu apakah si Halvor galak, menggigit, atau apakah ini anjing atau serigala...



Karcis retribusi.

Ada seorang bapak yang menawarkan saya untuk menyeberang dengan perahu ke pulau bersama dengan penumpang lainnya. Taripnya masih sama 50 000 pp, sama seperti saat terakhir saya ke sini dan menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Sebenarnya ingin ke sana, karena di pantai di Pulau Untung Jawa, airnya relatif lebih jernih, tapi saya ingin bermain dengan Halvor di pantai ini dulu saja. Barangkali lain kali bolehlah. Senangnya dengan ditawarkan seperti itu, artinya si bapak tukang kapal ini cukup welcome dengan Halvor.







Mengendarai motor sampai ke tempat terujung, lalu kembali lagi ke tempat bilas dan wc umum yang paling ujung, dengan harapan bahwa tempatnya tidak terlalu ramai dan tidak menggangu pengunjung yang tidak nyaman dengan keberadaan seekor anjing. Di situ saya memarkirkan motor dan bersiap dengan rash guard Tiento hitam saya. Halvor saya tambatkan ke tiang WC Umum yang cukup kokoh.


Halvor ditambatkan ke papan petunjuk WC Umum, sementara saya mempersiapkan diri dengan kamera Brica dan melepas kaos dan celana jeans yang menutupi rash guard Tiento saya.

Menurut apa yang saya baca di internet, husky adalah type anjing yang suka menggali tanah. Kali ini betul sekali, pasir menjadi tempat bermainnya ... menggali sambil berputar sampai kedalaman 20 centimeter.

Pantai keruh dan banyak terdapat ubur-ubur dengan diameter 8 sampai 10 centimeter. Awalnya Halvor mau dituntun mendekati air laut, namun saat ombak kecil datang, dia langsung mundur. Perlu waktu untuk membuatnya berani. Dan ... hap... dia loncat ke air... Di bawah ini video bermain airnya si Halvor.


Video You Tube Halvor bermain air.

Berpose bersama Halvor.

Gayanya selalu tidak pernah menatap kamera. Ada yang bisa ngajarin biar sadar kamera... seperti temen-temen semua... hahaha...



Halvor berenang.

Nah... next time kita main air ke pulau... Terbayang asyiknya hammockan di pantai ditemani Halvor.

Main Air Yuuk...
Gunadi TK






No comments:

Post a Comment